Select Page

Sulit Mendapatkan Desain Kemasan Produk yang Menarik, Ikuti 3 Langkah Ini

Sulit Mendapatkan Desain Kemasan Produk yang Menarik, Ikuti 3 Langkah Ini

Foto: Dok Sale Roll Pisang

UMINews.com, Menariknya kemasan sebuah produk sangat mempengaruhi tingkat keminatan konsumen yang pada akhirnya bermuara pada kuantitas penjualan. Selain itu, masih banyak juga kegunaan dari desain kemasan suatu produk.

Fungsi dan kegunaan lainnya kemasan yaitu membantu mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakan pada produk yang dikemas, sekaligus memberikan informasi mengenai produk.

Bagaimana cara merancang desain kemasan agar terlihat menarik? Kita bisa memulai dengan memilih warna yang tepat sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Beberapa warna bahkan memiliki asosiasi terhadap jenis produk.

Berikut tips membuat desain kemasan untuk produk Anda agar terlihat menarik yang dikutip dari Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

1. Pilih warna dan ilustrasi yang tepat

Warna dan ilustrasi memberi dukungan nilai dan rasa produk. Apabila keduanya digabungkan, dapat memantik rasa penasaran konsumen sehingga produk menjadi lebih catchy (menarik).

UMKM-Makanan-Organik

Foto: ISTIMEWA/Instagram @bakul_organik

2. Pilih bahan dan bentuk kemasan yang sesuai

Langkah berikutnya adalah, kita harus sadar bahwa setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda-beda, misalnya mudah pecah, mudah rusak, atau mudah mencair. Dengan begitu, bahan dan bentuk kemasan yang digunakan disesuaikan dengan sifat dan kebutuhan produk.

Baca Juga:
  Ingin Menjalankan Bisnis Franchise, Perhatikan 6 Hal Ini

Pada masa pandemi COVID-19 ini, perhatian akan kemasan yang higienis dan bersih ekspetasinya lebih tinggi. Karena itu kemasan menjadi salah satu aspek penting sebab menunjukkan dedikasi sebuah brand terhadap kesehatan dan kebersihan.

Trend kemasan lainnya di masa sekarang adalah sustainable, salah satunya adalah yang mudah didaur ulang seperti plastik dari tanaman singkong.

UMKM-Camilan

Foto: Instagram @Kultivaco

3. Gunakan copy dan tipografi yang unik

Gunakan kalimat-kalimat atau tagline yang menarik dan mudah dimengerti. Lalu kombinasikan dengan desain tipografi atau jenis huruf yang menarik pula. Pastikan sesuai dengan jenis produk dan konsepnya.

umkm-audio-visual

Foto: Instagram @invovisual

Bagaimana, sangat jelas sekali kan penjelasan dari artikel ini. Semoga bermanfaat bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya yang sedang kebingungan menentukan desain atau bentuk kemasan untuk produknya. Silakan mempraktikkan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

N/A 3,532,567 Kasus
N/A 100,636 (2.8%) Meninggal
N/A 2,907,920 (82.3%) Sembuh
05 Aug 2021, 6:37 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia