Select Page

Tips Cara Mengatur Keuangan Jika Anda Seorang Freelancer

Tips Cara Mengatur Keuangan Jika Anda Seorang Freelancer

Ilustrasi (Foto: ISTIMEWA)

UMINews.com, Mengatur keuangan dari gaji bulanan yang didapat harus bisa dilakukan oleh setiap manusia. Tapi bagaimana cara mengaturnya jika Anda berstatus sebagai freelance (pekerja lepas) yang tidak memiliki gaji tetap dalam setiap bulannya. Pastinya harus memiliki kepandaian yang lebih agar dapat mengatur keuangan Anda.

Tak hanya gaji bulanan, dengan menjadi seorang freelancer Anda tidak akan mendapatkan tunjangan asuransi kesehatan, Tunjangan Hari Raya (THR), dan berbagai tunjangan lainnya.

Kondisi tersebut tidak selaras dengan pengeluaran yang terus ada. Nah, ketika pemasukan tidak stabil maka membuat Anda akan pusing dibuatnya. Dengan begitu Anda harus pintar-pintar mengatur pendapatan yang diperoleh.

Hal-hal yang harus Anda lakukan adalah mencatat pengeluaran, membuat prioritas keuangan, dan memiliki buku pencatatan keuangan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Satu hal yang sangat diwajibkan bagi para freelancer adalah kemampuan mengatur keuangan yang baik agar segala kebutuhan dapat terpenuhi dengan keadaan pendapatan yang tidak menentu.

Menurut perencana keuangan Finansialku, Widya Yuliarti, ada beberapa cara untuk mengatur pengeluaran bagi freelancer, yaitu:

Pertama, Membuat anggaran setiap mendapatkan penghasilan.

Anda harus membuat anggaran dari setiap pendapatan yang didapat. Dengan adanya anggaran tersebut, Anda dapat mengetahui pendapatan akan digunakan untuk apa saja. Dengan dibuatnya anggaran, Anda juga akan tahu berapa pengeluaran yang sudah dan akan digunakan untuk masing-masing ‘pos’.

Baca Juga:
  Cara Menghemat Pengeluaran Usaha Agar Anda Tidak Rugi

Kedua, Melakukan pencatatan keuangan.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika kamu melakukan pencatatan keuangan dengan disiplin, di antaranya memberikan informasi mengenai situasi atau setidaknya anggaran keuangan dengan aktual. Dengan begitu Anda dapat mengetahui dengan jelas asal dan sumber keuangan, pengeluaran, dan detail arus kas Anda. Selain itu, Anda dapat menentukan strategi investasi keuangan.

Pencatatan keuangan ini lebih baik dilakukan secara harian dan berikan tanggal beserta keterangan pengeluaran dan pemasukan.

Ketiga, Membuat pos keuangan

Ketika membuat anggaran, utamakanlah pengeluaran yang bersifat produktif, seperti kebutuhan sehari-hari, membayar cicilan atau utang. Setelah itu Anda membuat anggaran-anggaran lainnya.

Pengeluaran tersebut harus dibuatkan pos-pos keuangannya, misalnya untuk pembayaran cicilan harus dibuatkan secara khusus. Begitu juga dengan tabungan.

Dengan begitu Anda tidak akan kebingunan untuk mengetahui uang mana saja yang sudah digunakan serta dapat mengurangi risiko lupa bayar cicilan atau membeli kebutuhan lainnya.

Keempat, Menabung setiap bulan

Menabung untuk seorang freelancer bukanlan hal yang tidak mungkin. Anda dapat menabung setiap bulan sebesar 20 persen dari pendapatan yang didapat.

Menurut beberapa pakar keuangan, 30 persen dari penghasilan harus ditabungkan. Angka 10 persen adalah jumlah minimal dari penghasilan untuk ditabung. Jika Anda memiliki kemampuan lebih akan lebih baik 40 persen, sehingga ke depannya akan membuat hidup Anda lebih tenang.

Baca Juga:
  Jurus Jitu Jika Ingin Jadi Orang Kaya di Indonesia

Perhitungan persentase dana yang harus ditabung harus memperhatikan 3 aspek berikut, yaitu jumlah dana tabungan yang sudah dimiliki saat ini, jumlah besaran cicilan yang masih ada, dan tujuan keuangan yang ingin dicapau dalam 5-25 tahun ke depan.

Kelima, Memikirkan keamanan keuangan

Mungkin tidak semua orang paham tentang pentingnya keamanan keuangan, seperti salah satunya adalah dana darurat. Fungsi dana darurat adalah sebagai dana cadangan ketika ada risiko pengeluaran yang tak terduga atau mendadak.

Manfaat lainnya adalah sebagai dana cadangan ketika penghasilan Anda menurun. Bahkan bisa jadi menghilang untuk beberapa waktu, sehingga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sambil mencari penghasilan baru.

Keenam, Cari tahu kondisi keuangan

Mengetahui kondisi keuangan adalah hal yang sangat penting karena akan sangat berpengaruh pada kehidupan secara keseluruhan.

Mengetahui kondisi keuangan sangat membantu Anda sebagai seorang freelancer saat harus mengambil keputusan serta menangani berbagai masalah yang terjadi di dalam kehidupan Anda. Jika Anda mengetahui keadaan keuangan secara jelas, maka berbagai keputusan yang akan diambil akan lebih tepat.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

3835 4,185,144 Kasus
219 140,138 (3.3%) Meninggal
7912 3,976,064 (95.0%) Sembuh
17 Sep 2021, 5:18 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia