Select Page

Tips dari Bosnya Indonesia Mall Untuk Pelaku UMKM Agar Dagangannya Laris

Tips dari Bosnya Indonesia Mall Untuk Pelaku UMKM Agar Dagangannya Laris

Andry Sugiarto, Pimpinan Tim Indonesia Mall (kiri) bersama tim dari FTA Center saat melakukan proses Kurasi Export B2B Alibaba. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

UMINews.com, Siapa yang tak ingin barang dagangannya laris dibeli konsumen. Padahal produknya tidak jauh berbeda, bahkan sama dengan pedagang lainnya.

Untuk mendapatkan banyak konsumen diperlukan strategi dan keberanian untuk mempromosikan barang dagangannya sehingga laris terjual.

Pimpinan Tim Leader Indonesia Mall, Andry Sugiarto berpendapat produk-produk UMKM sangat berpotensi dapat menguasai pasar domestik. Ada beberapa faktor yang menunjang eksistensi produk-produk UMKM di masyarakat.

“Pertama, perhatian dan bantuan dari pemerintah di antaranya memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM dalam mendapatkan izin,” kata Andry Sugiarto saat dihubungi UMINews.com, Selasa, 12 Januari 2021.

Jika pemerintah sudah memberikan dukungan dan kemudahan, maka langkah selanjutnya tergantung dari pelaku UMKM itu sendiri. Menurutnya, pelaku UMKM harus memperhatikan kualitas dari produknya.

Indonesia-Mall

Indonesia Mall yang digagas oleh BRI menjadi salah satu wadah para pelaku UMKM untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produknya. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

Ia mencontohkan produk makanan harus konsisten baik dari bentuk maupun rasanya begitu sampai di tangan konsumen.

“Kalau waktu kadaluarsanya cepat, ini yang menjadi persoalan. Memang harus diakui salah satu keunggulan produk makanan yang dibuat UMKM yaitu tidak menggunakan bahan pengawet yang ujung-ujungnya tidak tahan lama,” tuturnya.

Baca Juga:
  270 Juta Penduduk Indonesia Adalah Target Konsumen Produk UMKM

Sedangkan untuk produk craft atau kerajinan tangan, Andry menyarankan untuk benar-benar memperhatikan kualitas dan modelnya. Sepengalaman dirinya memimpin Indonesia Mall, Andry mengaku jarang mendapat komplain dari konsumen terkait kualitas produk craft yang diproduksi pelaku UMKM.

“Dapat dikatakan tidak pernah produk craft UMKM dikomplain konsumen. Yang sering makanan,” ucap Andry Sugiarto.

Indonesia-Mall

Andry Sugiarto Pimpinan Tim Leader Indonesia Mall (bawah sebelah kiri) bersama pelaku UMKM menunjukkan produk-produknya. (Foto: Dok Andry Sugiarto)

Satu hal lagi yang harus berani dilakukan oleh pelaku UMKM adalah soal harga. Baginya tidak masalah mendapatkan untung sedikit dari satu buah produk, tapi secara kuantitas penjualan banyak. “Kalau yang terjual jumlahnya banyak, begitu dihitung-hitung untungnya kan lumayan juga, besar tidak sedikit,” katanya menambahkan.

Ia menyakini, salah satu faktor masyarakat membeli sebuah produk yaitu dari segi harganya yang kompetitif, atau lebih murah.

Ia pun membocorkan produk apa saja yang paling laris dibeli masyarakat melalui Indonesia Mall, yaitu didominasi oleh makanan sebesar 60-70 persen. Sisanya adalah produk craft. “Total omzet dalam sebulan yang Indonesia Mall dapatkan berkisar Rp2 miliar. Sudah memenuhi target yang ditetapkan,” ungkap Andry Sugiarto.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

10365 927,380 Kasus
308 26,590 (2.9%) Meninggal
8013 753,948 (81.3%) Sembuh
19 Jan 2021, 12:01 PM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia