Select Page

UMKM Go Global, Ini Cara Mendaftar Jadi Peserta Program BRIncubator

UMKM Go Global, Ini Cara Mendaftar Jadi Peserta Program BRIncubator

Para pelaku UMKM mengikuti acara pelatihan BRIncubator beberapa waktu lalu. (Foto: ISTIMEWA)

UMINews.com, Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM yang menginginkan produknya mendunia. Untuk mewujudkan itu, dibuat program BRIncubator Go Global.

Lalu bagaimana caranya agar para pelaku UMKM dapat mengikuti program BRIncubator tersebut? Mudah kok. Caranya mendaftarkan diri langsung di Rumah Kreatif BUMN-BRI yang ada di kotanya masing-masing.

Saat ini sedikitnya ada 54 Rumah Kreatif BUMN-BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui program BRIncubator ini, nantinya para pelaku UMKM akan diajarkan oleh mentor-mentor berpengalaman di bidangnya di antaranya soal marketing, e-commerce, tata kelola keuangan, tata kelola sumber daya manusia (SDM), dan kepemimpinan sesuai dengan kurikulum khusus yang telah ditetapkan.

Untuk diketahui, pelatihan ini bukan hanya sekali saja, tapi berkali-kali. Selain itu juga ada mentoring dan pengawasan.

Adapun persyaratan utama yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti program BRIncubator yaitu memiliki usaha atau bisnis sendiri. Tidak boleh hanya menjadi pedagang. atau kata lainnya membeli ke orang lain lalu menjualnya kembali tanpa adanya proses kreatif dan tidak ada nilai tambahnya.

Baca Juga:
  Agar Bisa Bertahan, Pelaku UMKM Harus Berjiwa Inovatif

Bagi masyarakat yang baru merintis usaha dan belum punya izin tidak perlu berkecil hati karena tetap bisa mengikuti program ini. Disarankan datang ke Rumah Kreatif BUMN-BRI untuk bertanya lebih detail.

BRIncubator-UMKM

Acara launching BRIncubator pada tahun 2018. (Foto: ISTIMEWA)

Sebelumnya, Wakil Direktur BRI Catur Budi Harto mengatakan, melalui Rumah Kreatif BUMN-BRI pihaknya akan terus berkomitmen memberdayakan pelaku UMKM dengan memberikan literasi bisnis dan digital dalam rangka meningkatkan kapasitas maupun kapabilitas yang berorientasi pada ‘Go Modern, Go Digital, Go Online, and Go Global”.

Lebih konkret lagi, lanjut Catur Budi, di Rumah BUMN para pelaku UMKM akan diberikan pelatihan metode atau cara memperluas akses pasar secara online melalui platform Indonesia Mall dan PADI UMKM.

Kata Catur Budi lagi, di Rumah Kreatif BUMN-BRI, para pelaku akan dikelompokkan berdasarkan kompetensinya agar pelatihan yang diberikan dapat lebih sesuai dengan kondisi masing-masing, mulai dari tahap Kompetensi Tradisional, Berkembang, dan Modern.

Pada masing-masing kelompok tersebut kami telah menyiapkan modul yang sesuai dengan kompetensinya,” kata Catur Budi Harto beberapa hari lalu.

Bagi UMKM dengan Kompetensi Tradisional dan berkembang akan mendapatkan pelatihan bisnis dan keuangan, permodalan, segmentasi dan target pasar, proses produksi dan pemasaran, serta total quality management.

Sedangkan untuk Kompetensi Modern, program pelatihan akan lebih menekankan pada efisiensi kualitas, standarisasi produksi dan pengembangan produk baru.

Baca Juga:
  Yosh Adiguna Young, Dokter Gigi yang Banting Setir Jadi Pelaku UMKM

Sementara itu, bagi UMKM yang memiliki perspektif Go Global, BRI menyediakan program BRIncubator Go Global yang lebih fokus mempersiapkan para pelaku UMKM masuk pasar global.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

3835 4,185,144 Kasus
219 140,138 (3.3%) Meninggal
7912 3,976,064 (95.0%) Sembuh
17 Sep 2021, 5:33 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia