Select Page

Untuk Generasi Milenial, Strategi Jitu Agar Menjadi Pebisnis Sukses

Untuk Generasi Milenial, Strategi Jitu Agar Menjadi Pebisnis Sukses

Ilustrasi (Foto: ISTIMEWA)

UMINEWS.COM, Setiap generasi memiliki karakter, sikap, dan ciri khas tersendiri, begitu juga generasi milenial. Mereka akan mengejar suatu hal yang mereka ingin dengan caranya ketika memiliki alasan dan tujuan yang kuat, termasuk keinginan untuk berbisnis.

Saat ini banyak perusahaan start up yang maju di bawah kepemimpinan generasi milenial. Namun, kesuksesan yang mereka raih memerlukan perjuangan yang gigih, tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan.

Pengusaha muda Maya Miranda Ambarsari yang kini menjabat sebagai Presiden Direktur PT Batamec Shipyard membocorkan beberapa tips bagi generasi milenial yang ingin sukses sebagai pebisnis. Berikut persyaratan yang harus dimilikinya:

Kemampuan Berkomunikasi

Menurut Maya Miranda Ambasari, kemampuan berkomunikasi sangat penting dan diperlukan sehingga para milenial dapat berkomunikasi dengan berbagai kalangan untuk mengembangkan usaha yang sedang dirintisnya.

Dicontohkan Maya, bagaimana bisa seseorang menawarkan produk atau jasanya jika tidak tahu bagaimana cara mengkomunikasikannya dengan menarik.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik dan menarik maka barang atau produk yang ditawarkan tersebut akan terkesan memiliki nilai jual yang tinggi. Dan terpenting memiliki prospek yang cerah di kemudiam hari atau banyak peminatnya.

Memiliki Networking

Dalam menjalankan usaha, jaringan bisnis (networking) merupakan suatu hal yang harus dibangun sedini mungkin dan dijaga dengan baik sehingga memberikan peluang-peluang kepada kita. Yanh ending-nya akan memberikan keuntungan atau omzet bagi perusahaan.

Bagaimana cara membuat networking? Salah satunya dengan bergabung ke komunitas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) atau Santri Milenial Center (SIMAC).

Dalam membangun network, kaum milenial jangan pernah atau mengesankan dirinya merasa lebih pandai dari yang lain. Ini akan menimbulkan ketidaksimpatikan orang lain. Justru semakin banyak memiliki jaringan maka semakin banyak pula pembelajaran atau ilmu yang didapat.

Teamwork

Dalam berbisnis, kata Maya Miranda Ambasari, kita tidak dapat bekerja seorang diri. Dibutuhkan kerjasama dan ada teamwork yang solid.

Memiliki tim yang solid dan hebat akan membuat usaha yang dirintis kaum milenial menjadi kuat dan cepat berkembang.

Do The Best

Tunjukan perfoma Anda yang terbaik sehingga akan terlihat sebagai sosok yang profesional di mata kolega.

Selain itu jangan pernah merasa diri Anda sudah pintar. Terus berlajar dan mencari hal-hal yang belum Anda ketahui atau yang baru.

Maya menegaskan, bisnis itu bukan hal yang bisa dicoba-coba seenaknya. Menjalankan sebuah bisnis harus fokus dan melakukan yang terbaik yang dapat Anda lakukan.

Hasil yang terbaik yang kita berikan kepada kolega atau klien pasti akan berdampak positif ke depannya bagi keberlanjutan perusahaan dan kredibilitas Anda sebagai pebisnis.

Berapa pun nilai bisnisnya harus dikerjakan secara fokus dan lakukan dengan baik. Itu yang namanya Do The Best.

Leave it to God

Menyambung dari Do The Best. Setelah semua yang terbaik dilakukan, selanjutnya serahkan kepada Sang Maha Kuasa. Berdoa dan meminta kepada-Nya agar segala usaha dan upaya yang telah kita lakukan akan memberikan hasil memuaskan seperti yang diharapkan.

Baginya, jika sudah melakukan dengan baik namun hasil yang diterima adalah kegagalan, jangan menyerah. Justru ini merupakan kesuksesan yang tertunda dan jadikan sebagai sebuah pelajaran yang berharga agar kita terus berproses. Tentunya, jangan melakukan kesalahan serupa. Hanya keledai yang jatuh di lubang yang sama untuk keduakalinya.

Maya sangat yakin Allah SWT akan memberikan yang terbaik kepada umatnya yang telah bekerja keras dan benar.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Update COVID-19

INDONESIA

5803 563,680 Kasus
124 17,479 (3.1%) Meninggal
3625 466,178 (82.7%) Sembuh
04 Dec 2020, 10:32 AM (GMT)

Ads

Hosting Unlimited Indonesia